MENDUNG SORE

Sunday, April 17, 2011

Untuk adik-adik kelas terkasih

Untuk adik-adik kelasku terkasih, besok UAN ya?
Kesian banget lo, sumpah! Gueee dong enak di Perth lagi libur ampe 3 minggu ke depan, ihiiyyy~~~ (siap-siap ditampol, digampar, dijedotin sama adek kelas)

HEHEHHE gak deh, cici Acing cuma bercanda, jangan marah yaaaa *kitik kitik, kilik kilik dagu*
Ayo bagaimana perasaannya udah mau UAN? Well ini pertanyaan basi sihhh... jawaban deg-degan, takut, dan sebagainya adalah jawaban yg basi juga tentunya. Hmmpphh kalo diinget-inget lagi, sekarang udah tepat 1 taon gw melewati masa-masa UAN yg kefarat tapi juga menyenangkan. Gw mengerti sekali gimana rasanya detik-detik menuju UAN, betapa paniknya cari bocoran jawaban (ngaku lo!), betapa susahnya berusaha buat ngapalin rumus-rumus ajaib, betapa malesnya harus PM di hari SABTU, dan lain sebagainya. TAPI berikut ini ada beberapa tips simple buat menghadapi UAN ;)

1. Ga usah terlalu serius kayak bakal memenangkan undian mobil paling keren se-dunia. Yg penting udah persiapan belajar dengan sebaik-baiknya. Sante aje kayak di pante. Nilai nge-pas? BODO, yg penting lulus.
2. Ehmmmm, tips yg berikut ini sih kayak tips dari bu dokter, tapi percayalah ini ampuh! Pokoknya harus tidur cukup apalagi kalo besoknya subject B.I, ngerti kan maksud gueee? HAHA. Terus juga jangan paksain belajar kalo emang udah ngantuk and gak konsen soalnya percuma, besok pagi juga lu udah lupa lagi, hahaha. Jangan lupa juga breakfast! Buat para wanita jangan sok-sok diet di saat UAN kecuali lu emang mau menarik perhatian si penjaga yg ganteng dengan body yg ramping.
3. The last but not least, ORA ET LABORA!

Anyway gw mau berbagi kisah suka duka gw dulu pas UAN taon lalu. Karena gw beserta teman-teman sepermainan gw adalah anak-anak yg males belajar selama 2 taon awal SMA, pas udah mau UAN, kita langsung heboh kayak kebakaran jenggot. Gw inget banget kita langsung niat gila-gilaan buat belajar mat, akun sama ekonomi, terutama mat sih. Kalo geo? Errr, ke laut aja deh. HAHA. Lanjot! Selama 2 taon SMA pas pelajaran mat gw sering kutekan, tidur, ngoborolin cowok, sms-an dan melakukan aktivitas gak penting lainnya. Gimana mau nyantol tuh rumus?! Beruntung di kelas gw banyak stock anak pinter yg baik hati dan bersedia mengajar kita semua dengan lapang dada. Pokoknya ada yg namanya Venri, dia tabah sekali ngajarin gw akun and ekop, makasih yaa... terus ada juga Lia, gw nanya inggris mulu sama dia hahhaha dan terakhir guru agung kita, Dika! Diaa, ehmm dia kayaknya ngajarin apa aja yg bisa diajarin tapi guru yg 1 ini harus disogok bakso dulu baru mau ngajarin, yoi gak, Dik? :p Sebenernya masih ada beberapa nama juga sih yg berjasa selama UAN tapi yasuda lah ya, nama kalian tetep terukir di hati aku kok, beb. Nah akhirnya kita belajar mati-matian mulai dari bulan Jan or Feb gitu. Kita belajar mulai dari PM (Pendalaman Materi), bikin kelompok belajar di kelas dan bikin kelompok belajar lagi di markas besar anak-anak komplek gw (baca: rumah Amel). Gw inget betapa freak nya masa-masa itu. Biasa kalo ada jem kosong tuh gw sama yg lain ga mungkin berkutat sama yg namanya buku pelajaran, TAPI gara-gara udah mau UAN....... jam kosong pun harus dipake buat ngerjain soal latihan mat, ekonomi sama akun. 

Beberapa bulan kemudian, kita pun makin PD menjelang UAN gara-gara udah digembleng sama ratusan soal latihan. Gw aja waktu itu sampe hafal rumus-rumus mat lohhh and kadang bisa ajarin beberapa temen gw juga, GUE BANGGA BANGET MEN! Tapi sayangnya sekarang gw udah lupa lagi, hahaha. Lanjotttt... tapii akhirnya masih ada 1 pelajaran yg sangat ajaib, yg kita pun selalu kabur satu-satu pas lagi PM, tak lain dan tak bukan yah GEO! Ini udah kayak musuh terbesar anak-anak IPS angkatan gw, bahkan di angkatan sebelumnya juga bete banget sama GEO. Gw ga perlu jelasin lah yaa kenapa kita semua jadi musuh bebuyutan ama GEO, nanti bisa-bisa pas balik Indo gw bisa dijadiin tahanan komplek gara-gara kasus pencemaran nama baik. Intinya adalah kita kekurangan pengajar yg berkualitas buat pelajaran Geo. Akhirnya pas besok bakal ujian Geo, gw ama kelompok bermain dan belajar bersama jadi bingung. Mau belajar darimana yak? Even yg ngajarin aja bingung mau ngajarin apa, itu sama aja kayak orang buta ngomong sama orang budeg. Setelah mikir mikir mikir mau gimana ngadepinnya, kita pun ngumpul lagi di rumah Amel dan sok-sok belajar Geo yg akhirnya cuma wasting time doang. Kita malah jadi ngomong jorok, INGET GA LO?! hahahhhahahaa terus pas nyampe rumah, gw langsung dapet bbm dari beberapa temen gw. Isinya kebanyakan seperti ini...
"Weh, Cing! Udah belajar Geo belom lu? Anjrit susah banget nih! Tapi gw udah dapet bocoran geo buat besok, mau gak lo?"

DAN gw menjawab dengan iman yg setegar batu karang...
"Oh gw udah belajar sih dikit tadi di rumah Amel walopun tetep ga ngerti, hahaha. Ehm bocoran geo? Ga usah deh, thanks ya."

Tapi makin malem, bbm yg menawarkan jawaban geo pun datang bertubi-tubi. GILAAAA gw galau abis men! Gw mau lulus UAN dan gw mauuu banget ngelewatin tuh UAN geo dengan lancar, tapi apakah jalan pintasnya harus nyontek? Jreng jrenggg. Gw langsung bbm Amel terus dia juga bilang kalo dia dapet beberapa bbm yg nawarin jawaban Geo tapi dia juga galau dan ini conversation yg ga akan pernah gw lupakan bareng Amel. Dia bilang kalo kita kan dari awal udah komitmen buat gak nyontek, sesusah apapun pelajarannya, kita mau buktiin kalo yg namanya Ora et Labora itu emang ga cuma ngemeng doang. Asik abis gak sih? Gila, gw ga nyangka dulu gw ama Amel bisa begitu, ckckkck. Kesambet apaan ya kita, Mel? LOL. Terus juga si Amel udah janji kalo sampe lulus tanpa nyontek, even lulus dengan nilai nge-pas, dia bakal kesaksian di gereja, gokil lu men. Dan akhirnya gw sama Amel berhasil menolak semua bocoran Geo itu, walo besok paginya pas di sekolah masih rada-rada galau juga sih, HAHA. Gw, Amel beserta sekawanan lainnya yg ga ambil bocoran Geo cuma bisa pasrah, doa, dan berharap "tembakan" kita pas milih jawaban bisa sukses.

Akhirnya tibalah pengumuman kelulusan UAN!
Kita dikumpulin di kelas masing-masing dan wali kelas kita sengaja bikin aura yg mencekam. Setelah berbacot-bacot ini dan itu, kelas gw lulus 100%, YEEYYYY! Gw sama yg laen ampe pada nangis terus berpelukan seperti Teletubbies. TAPI ada berita yg bikin shock juga di akhir pengumuman. Wali kelas gw bilang kalo gw, Amel sama 1 orang gw lupa siapa, kita pokoknya udah masuk di zona yg sangat berbahaya karena nilai kita mepet abis buat lulus dan nilai yg bikin jatoh tuh Geo sama Mat. Wah pas gw denger Geo sih gw bodo amat ya, tapi MAT?! Weh gila wehh, gw udah belajar kayak mau gila sambil makan bakso, terus tuh rumus sampe ngelotok di otak gw, masa nilai gw malah mepet di Mat?! Errr tapi yauda sih itu cuma emosi sesaat, hahahhaa sisanya gw sama Amel langsung sharing bareng deh dan kita bisa ngebuktiin kalo KITA BISA LULUS TANPA NYONTEK LOHHHHH, walopun nilainya nge-pas :3

SO buat semua adik-adik kelas yg manis. Mau ambil bocoran jawaban atau gak itu terserah lo tapi aku dan cici Amel berharap, kisah kita 1 taon yg lalu bisa bikin lu orang mikir lagi. Hehehehe. Menurut gw, lulus dengan nilai nge-pas tapi emang dengan usaha sendiri dan doa tentunya, jauh lebih nyenengin daripada lulus dengan nilai cemerlang tapi nyontek. Gw ga ada maksud buat menyindir pihak siapapun atau mau sok suci yaa, hehehehhe entar gw balik Indo, rumah gw udah dirajam batu kali lagi. But yeah, I just wanna say that =) dan gw pernah denger waktu itu wali kelas gw ngomong, SMA kita SMA Kristen tapi murid-muridnya terkenal jadi server bocoran jawaban UAN. Hmmph, ironis dan ini yg bikin gw jadi agak malu buat nyontek sih pas UAN, walopun pas ulangan biasa sih dosa nyontek gw udah ga terhitung banyaknya haha tapi at least gw udah usaha sebaik mungkin buat menutup masa SMA dengan gak nyontek. HAHA. Btw gw udah 1 taon lebih loh gak nyontek, apalagi sejak gw di Perth. Abis gw takut dideportasi kalo nyontek. (Lebay, eyy!)

AYO semangat buat yg UAN besok! Udah, tutup dulu lah buku pelajarannya, mending baca blog gw dulu biar seneng dikit :3 

GOOD NIGHT! Jangan lupa istirahat cukup dan makan makanan yg bergizi yaa.
Salam sayang dari cici cantik, Acing... xoxo.

"Jika kau dan aku percaya dan kita bekerja, Roh Kudus akan dicurahkan, K***M K***S bangkitlah!"
-Lirik mars sekolahan gue-






 

No comments:

Post a Comment