MENDUNG SORE

Monday, March 7, 2011

friends, lovers or nothing?

Halo, malam para sobat yg ada di Jkt dan Perth. Udah 1 minggu saya ndak nge-blog dan sekarang  gw sempetin buat nge-blog walopun sekarang udah ngantuk banget... grookkks. Nah malem-malem adem ayem begini emang paling asik kalo ngomongin soal percintaan dan belakangan ini hidup gw sedang dipenuhi kisah remaja puber yg penuh dengan lika liku dan membawa gw pada statement...
"Friendship often ends in love, but love in friendship? NEVER."
Dimana orang-orang yg lagi mengalami situasi ini sedang berada di situasi yg super awkward. Dibilang cuma temenan baek? Nyesek juga. Dibilang udah jadian? Seneng sih tapi ngarep banget. Dibilang teman tapi mesra? Ehmmm, istilah yg cukup menjijikkan *aah ahh ahh*


Hayo hayoo yg setuju sama statement tadi coba diangkat ketek nyaa! HEHE.
Kalo gw bisa angkat ketek gw ampe menembus langit ke-tujuh sih kayaknya bakal gw angkat dahh cos gw amat sangat setuju sama statement ini. Kenapa? Karena gw udah pernah ngalamin, tepatnya gw enek ngalamin ini.

Biasanya kasus ini melibatkan dua peranan yaitu orang yg mencintai (baca: peran 1) dan orang yg dicintai (baca: peran 2), azeekkk abezzzz. Gw sendiri pernah nyobain di kedua peran ini. Pas waktu dulu gw jadi peran 1, gw ngerasa betapa enaknya si peran 2 yg tinggal ongkang-ongkang kaki nerima bejibun perhatian dari gw, ga usah sok nahan perasaan suka pas temenan, dll, TAPI setelah gw mencicipi di peran 2, ohh ternyata gak semudah yg dulu pernah gw bayangkan. Mungkin emang peran 1 kayaknya terlihat lebih menyiksa tapi menurut gw peran 2 pun sama ga enaknya. Berikut penjabaran dari otak gw mengenai kedua peran ini, kalo mau ditambah boleh, dikurangin juga boleh.

PERAN 1 
Kalo orang bilang, peran ini adalah peran paling nyesek dalam kasus ini. Orang yg berada dalam peran ini biasanya berubah jadi sangat mellow dan sensitif, jadi sangat mudah menangis saat mendengarkan lagu soal kisah cinta yg gak kesampean, suka ngayal, suka galau, pokoknya segala gejala cinta gila lainnya bakal muncul! Actually gw lagi mikir kelebihan apa yg bisa didapat dari peran ini tapi dengan sangat maaf gw bilang, kayaknya ga ada deh. HAHA. Ada sih kelebihannya... kelebihan nyesek. Kenajisan yg didapat dari orang yg ada dalam peran 1 ini adalah sebagai berikut : 
1. Harus nahan perasaan suka segenap jiwa dan raga supaya gak ketawan sama temen baek nya sendiri
2. Harus tabah dengerin cerita temen baek nya kalo lagi curhat soal cowo/cewe yg lagi disuka dan kegiatan favorit yg akan dilakukan para manusia di peran 1 adalah narik napas dalam-dalam terus... nangis
3. Selalu dipenuhi dengan ketakutan berlebih. Ketakutan banget kalo sampe perasaan suka nya ini bakal bikin mereka makin jauh dan ngancurin persahabatan mereka *ouch*
4. Nyalahin diri sendiri, kenapa dia bisa suka sama temen baek nya. Napa gak sama orang lain? Dan itu selalu jadi pertanyaan yg ga akan ada jawabannya *pake backsound dramatis, jreng jrennggg*
5. Selalu berharap dan menunggu, entah sampai kapan.
NB: Sang penulis blog (baca: gue) pernah terperangkap dalam peran ini kurang lebih selama 1,5 tahun (ditambah beberapa bulan lagi) dan itu adalah peran terburuk yg pernah ada. Lebih buruk dari peran figuran di sinetron Ind*siar.

PERAN 2  
Nah peran ini adalah peran yg kadang didambakan oleh beberapa orang yg berpikir lebih enak dicintai daripada mencintai *halah!* padahal di posisi ini sih tetep aja ada gak enaknya, contohnya sebagai berikut:
1. Harus pura-pura bego sebego-begonyaaaa kalo udah ada feeling temen kita kayaknya suka sama kita
2. Kalo akhirnya beneran udah terbukti, kali ini harus pura-pura asik and berasa ga ada apa-apa demi menciptakan situasi pertemanan yg tetap gokil
3. Serba salah. Mau jauhin si temen nanti dibilang, "kamu berubah", mau tetep deket nanti ujung-ujungnya dikatain, "kamu tuh cuma kasih harapan kosong", mau diem doang juga bingung. Jadi mau gimana dong?
4. Harus bisa handle situasi jadi se-netral mungkin. Ga mungkin dong si peran 1 yg handle? Yg ada malah jadi galau mulu, mennn
5. Harus selalu berpikir dalam bertindak supaya sang teman ga salah sangka
6. Akhirnya harus terima kenyataan kalo semua usaha itu gagal total, karena...
"Friendship often ends in love, but love in friendship? NEVER." HAHA.

Ya intinya sih jadi balik lagi ke awal, emang kalo di dalam persahabatan ada cinta-cintaan ya persahabatan itu ga akan pernah berhasil karena feedback satu sama lain aja udah beda. Yg 1 ngelakuin hal ini emang pure temen tapi yg 1 lagi pure ngarep. Hehehe. Mari kita kuak sedikit kisah kelam gw beberapa tahun lalu. Abis putus dari mantan, gw berusaha keep in touch and jadi temen baek karena emang sebelum jadian ya kita berdua temen baek. Tapi gw tau kayaknya tanpa sadar gw ngelakuin beberapa tindakan "ngarep" dan mantan gw pun jadi mulai ngejauhin gw dan menurut gw beberapa tindakan nya agak keji. Apa mungkin gw nya yg terlalu lebay? Whateva. Gw inget banget waktu itu gw curhat ama temen baek gw and temen gw cuma bilang, "Dia kayak gitu pasti ada maksud lah. Mungkin sebenernya dia masih mau keep contact ama lu but not now, so walopun dia ngelakuin beberapa jurus penolakan tapi pasti maksud nya baik." dan saat itu gw cuma ngangguk-ngangguk sambil ngelap ingus gara-gara meler abis bersimbah air mata. As time goes by, gw akhirnya beneran ga chatting sama mantan gw dalam jangka waktu... err berapa lama ya? Gw juga lupa, intinya berbulan-bulan. Setelah udah lamaaaaaa ga chatting, akhirnya kita ngobrol lagi dan gw ngerasa emang udah ga ada perasaan ngarep berlebih kayak dulu lagi and hubungan temenan kita jadi lebih asik! Ya walopun gak se-asik dulu sebelum putus sih, HAHA *ketawa miris*

DAN akhirnya gw ngalamin juga berada di peran 2. Gw jadi ngerti gimana rasanya dulu jadi mantan gw. Sometimes gw mikir gw tetep mau keep contact dengan alasan ga mau ilang temen cuma gara-gara hal ini but as time goes by, beberapa kejadian yg tidak diharapkan terjadi dan berujung pada statement tadi, hahh... Hidup memang ironis dan miris, sobat. Mungkin emang cara paling tepat dalam kasus ini adalah ga usah berteman baik dulu dalam jangka waktu tertentu dan ini gak berarti musuhan juga sih menurut gw. Segala sesuatu kan emang harus ada masa-masa tenang dulu supaya jadi lebih mendingan, betul betul betul? Jadi si peran 1 juga bisa lebih ada waktu untuk meditasi sejenak dan si peran 2 pun bisa terbebas dari perasaan serba salah yg selalu menghantui. Yah ibarat kata, anda puas kami senang lah. *loh?*

Jadi buat orang-orang diluar sana, apapun "peran" Anda, tabah ya. Hidup emang ndak selalu mudah dan ndak selalu adil. Kadang hidup bisa jadi sepanjang dan seribet sinetron-sinetron Indo yg tak berujung dan nge-gemesin. Yg pasti suatu saat Tuhan sudah menyediakan orang yg tepat kok buat kita, ga tau deh kapan. HAHA. Oke deh, salam galau ya buat temen-temen yg baca blog saya. Nah sebelum blog ini ditutup, gw ada pertanyaan!

JUS apa yg pahit?
jawaban: kita JUSt a friend ajah ya? 

HOAHAHAHAHHA.  





 

2 comments:

  1. kalo kata gw sih.. mendingan jangan deket dulu.. apalagi kalo feelingnya masi belon stable.. kaya di cerita dulu.. setelah lama2 ga deket, abis itu ga ada feeling lagi kan? tapi kalo terus2an deket, when will the person get over the other one? dan bagi peran 2, kalo dia bener2 ga liat future for the relationship.. mendingan jangan terus deket.. still be friends but not "best" friend.. Dan juga it's better to "berubah" daripada "kasih harapan kosong".. Cos harapan kosong hurts more for the peran 1.. does that make sense? hehe

    ReplyDelete
  2. make sense banget mon, agree with ur comment! hahahaa ;)

    ReplyDelete