MENDUNG SORE

Wednesday, March 9, 2011

apalah arti sebuah nama?

WOWWW!
Menurut gw arti sebuah nama itu penting dong! Mungkin banyak orang yg bilang, "Ahh ga penting lah nama lu siapa, yg penting lu asik!" OH YEAH? MASA?

Ooops, sebelum memulai blog yg random malam ini ada baiknya gw meminta maaf terlebih dahulu. Blog ini gak bermaksud untuk menyinggung nama siapa pun ya haha karena gw bakalan bawa-bawa beberapa nama yg menurut gw agak-agak tidak lazim untuk berada di era modern ini. Tenang, nama gw aslinya juga jelek kok jadi... kita tanggung derita ini bersama-sama ya, sobat! Okay jadi kenapa gw bisa kepikiran buat ngomongin topik ini di blog karena... karena apa ya? Random aja sih, tiba-tiba terlintas di otak gw pas lagi mandi di siang hari. Mari kita mulai mengupas topik random ini.

Ayo sekarang gw mau tanya, kalo lu kenalan sama cewe yg cakep bangetttt, pokoknya badan seperti gitar spanyole, mata lentik, putih, rambut halus selembut sutra tapi pas kenalan ternyata namanya "Sukinem", pasti pertama lu bakal mikir, "Yah si eneng cantik-cantik kok namanya begitu." Koko gw pernah ngalamin kejadian ini di kampus. Jadi dia ketemu cewe yg yahud lah tapi pas tau namanya (anggep aja namanya Sukinem), koko gw langsung ilfil dan berpikir sangat panjang ke depannya. Dia bilang ke gw. "Cing, kebayang gak sih lu kalo misalnya gw married terus di kartu undangan ditulis 'Ricko & Sukinem', mau taro dimana coba muka gueee." Hmmm, iya juga sih. LOL! Selain itu ada beberapa kasus juga misalnya anak-anak yg dikasih nama sama bonyok nya dari nama para tokoh teladan di Alkitab like Yohanes, Musa, Lukas or something like that. Bonyok nya kasih nama itu pasti dengan alasan supaya sang anak bisa menjadi serupa dengan si tokoh Alkitab TAPI ternyata harapan si ortu jadi hancur berantakan gara-gara tingkah laku sang anak malah seperti Yudas. HAHA. Yah intinya, nama itu jadi suatu hal yg penting kannnn? :P


Ngomongin soal nama, malam ini gw akan menguak kisah kelam nama gw, tepatnya nama-nama yg ada di keluarga gw juga sih *ga terima dikatain sendirian*. Jadi di keluarga gw itu ga ada surname, ga oke banget kan? Gw kadang ngiri kalo denger temen-temen gw yg namanya kompakan gitu sekeluarga, bahkan sampe dari abjad awal sama, jumlah huruf juga sama seperti yg terjadi pada teman gw si Riris. Dia pokoknya pernah cerita soal ke-keren-an nama di keluarga nya dan semua tersusun secara rapi. Kalo keluarga gw? Jreng jreng. Nama mami gw aja udah jelek banget bahkan dia sendiri benci sama namanya. Oke nama mami gw adalah Harimah Mattoha. Gubrak banget kan? HAHA. Gw ga ngerti apa yg terlintas di benak phopho and kungkung gw pas kasih nama itu, yg pasti nyokap gw sebel banget sama namanya apalagi kalo namanya dipanggil pas lagi ada urusan di Bank. Kata nyokap gw semua orang langsung shock gitu pas denger and mereka semua kira nyokap gw orang Batak. HOAHAHAHAHA. Terus berikutnya cici gw, nama dia Yulianawati. Dia juga ga gitu puas sama namanya karena ada -wati nya dan menurut dia itu ga keren. Koko gw yg berikutnya, David Wijaya. Ini sih lumayan keren lah ya walaupun termasuk dalam kategori nama sejuta umat... tapi pas gw nanya ke bokap gw, "Kenapa nama koko ada wijaya nya? Itu emang nama keluarga kita ya, Pa?" dan bokap gw jawab, "Bukan nama keluarga kok, ga tau itu apaan. Asal kedengerannya bagus aja." -.-" Next, Ricko Triwijaya. Nama yg sangat mudah ketebak... bisa ada -tri nya pasti karena dia anak ketiga jadi tinggal ditambahin doang di depan -wijaya dan tebakan anda semua benar! Tapi nama dia kenapa bisa Ricko pun ada kisahnya. Kalo ga salah awalnya bokap gw mau namain Niko gitu tapi nyokap bilang, "Ga mau ah, namanya kayak tukang roti yg suka lewat ngiderin komplek." akhirnya nama Niko pun cuma diubah abjad depannya jadi Ricko. Beruntung sekali kamu, Bro. Sekarang tiap kali gw denger tukang roti yg bunyinya, "Rotii rottii, roti Niko!", gw selalu ngakak gara-gara hal ini, wakkakakaka. Terakhir, nama gw yg sangat tragis. Ini ga tau apa gara-gara gw anak terakhir yg ga gitu diharapkan atau bonyok gw udah keabisan nama bagus, nama gw malah jadi Yunnita Dewiyana. Hm... 


So, nama gw juga kadang gampang ketebak. Nama gw ada "Yunni.." nya karena gw lahir bulan Juni tapi kenapa mesti diubah jadi YUNI sihh? Buruknya, nama yg ada "Yuni" nya ini dijadikan bahan olokan waktu gw masih SD gara-gara beberapa temen gw tuh nama embak nya "Yuni". ZZZ. Kalo Dewiyana, brrhh.. I've no idea. Pas gw tanya juga bonyok gw kayak random gitu kasih tuh nama. Apaan coba??? Hhhahhaha terus pas nyampe Aussie, nama gw semakin parah. Ini semua karena kebodohan si abang yg urus pasport gw. Karena dulu pasport gw bareng ama nyokap yg bernama belakang "Mattoha", ga tau napa si abang mungkin jadi assume or lebih tepatnya sotoyyyy nambahin "Mattoha" ke pasport gw dan terbentuklah nama Yunnita Dewiyana Mattoha di pasport yg akhirnya jadi nama gw di AUSSIE! Jedueerrrrr. Sekarang gw udah mulai tabah tiap terima letter or email yg nulis "Ms.Mattoha". Dulu pas masi baru dateng Aussie gw suka ga bisa terima kenyataan dan kadang mengutuk si abang tukang pasport dalam hati. Anyway, karena gw ga suka sama nama gw yg ga jelas itu, gw suka memperkenalkan diri dengan nama chinese gw, "Acing" TAPI yg menyebalkan adalah semua orang jadi pada cengo duluan kalo gw bilang nama gw "Acing". Ada yg pikir nama gw, "A-jing", "Aci", "Acin". "Anjing" (kasar lo! hauahhaa) bahkan ada salah 1 Om di GKI Perth yg nyebut gw, "Xiao Jing", ckkckck... nama yg sangat ga sesuai sama tubuh gw yg besar. 


Hahh... gara-gara kisah tragis soal nama ini, gw jadi mikir nanti anak gw mau dikasih nama apa ya? Kalo gw kasih nama dari nama Alkitab, kesian juga... entar dia tertekan sama namanya sendiri. Kalo kasih nama yg cantik-cantik tapi anak gw ga secantik namanya, kesian juga jadi dikatain orang. Apa gw bales dendam aja ya meneruskan nama jelek ini? Jadi nanti anak gw dinamain "Kotijah Mattoha" BUAHAHA. Yeah, gw bakal kasih nama anak gw yg jelek jadi biar ada ciri khas nya, kalo lahir dari garis keturunan gw pasti namanya jelek. Huehehee. Selain itu gw juga berharap punya suami yg nama belakangnya keren, misalnya "Pedro", "Alejandro", or "Bakrie" (NGAREP ABIS). 


Oke lah, segitu aja blog random gw malam ini. Bersyukurlah kalian yg namanya pada keren and bisa dipamerin ke khalayak ramai dan buat yg namanya senasib ama keluarga gw, sabar ya. Dunia ini emang kejam, sobat.


SELAMAT MALAM!













No comments:

Post a Comment