MENDUNG SORE

Thursday, January 13, 2011

Iya om tante, saya ambil jurusan masak. SO WHAT?

Kring kring o la laa.. teteup asyik! 

Yihaa gw menyapa dengan cara yg agak berbeda.. hehe.
Inget ga tuh sapaan pernah nge-trend sekitar taon 96-97 and pembawa acara nya si Oki Lukman. Inget ga? Yauda kalo ga inget yg penting teteup asyik.

Di blog sebelumnya, gw udah cerita soal kisah unyu unyu dan anjing gw yg lucu si Mochi, nah sekarang mari kita beralih ke soal pendidikan! Jangan jiper and mau muntah dulu. Gw ga mau ngomongin soal mengapa apel kalo jatuh ke bawah atau minta lu kerjain soal mat Pak Taryo (buat anak KK pasti tau guru titisan khayangan yg satu ini). Gw cuma mau membela kebenaran buat para anak2 yg di-enye-in sama lingkungan lu, guru lu, temen2 ortu lu atau bahkan sama ortu lu sendiri.


One day, cici gw yg jadi wakil kepsek TK di sekolah KK Pematang Siantar lagi di Jkt. Kayaknya itu sekitar April taon lalu, pokoknya sebelum gw berangkat ke Perth. Nah, berhubung cici gw itu the most educated child di Tjok's family (asiikk), cici gw jadilah ngebahas soal pendidikan jaman sekarang. Gw pikir nih obrolan bakal garing mampus, ternyata apa yg diomongin cici gw tuh emang bener semua. Salah 1 yg paling hot adalah para ortu and lingkungan yg sekarang masih nganggep kalo anak yg smart itu ya anak2 yg jago science kayak math, fisika, kimia, etc dan buat anak yg ga bisa sama ilmu itu, dianggepnya idiot. Kata cici gw,"Itu GA ADIL soalnya masalah kepintaran itu ga mentok sampe situ aja.. Ada kok anak yg pinter musik, ngebacot (kayak gue) alias bersosialisasi, olahraga, nari, pokonya yg diluar akademik deh. Intinya semua anak itu ya pintar dan punyi keunikan masing2. Cuma mindset kolot aja yg selama ini udah ngelotok di lingkungan kita even di lingkungan sekolah pun, masih banyak guru yg punya mindset kayagitu, ironis ya?" HUFF. Yeah, sistaaa.. KAMU BENER BANGET!


Sekilas info, cici gw itu emang yg paling smart plus multi-talented. Dari SD-SMA rank paling rendah kayanya rank 4 and pas SMA itu dia ambil IPA. Waktu mau kuliah pun udah hampir dapet scholarship dari Nanyang tapi meleset, HAHA (ketawa jahat). Pas kuliah di IBII juga dia dapet gelar cumlaude padahal jurusan dia management and jomplang abis sama jurusan dia pas SMA, IPA gitu lochh. Selain itu cici gw juga jago nari, jago bahasa inggris and mandarin, main piano juga bisa pokoknya yg dia ga bisa cuma 1.. ga bisa se-G4UL adik2 nya! HAHHAA! 


Honestly, gw emang salah satu anak yg ga berprestasi di sekolah. Eh, tunggu... pernah deh! Pokoknya waktu 5-6 SD gw pernah masuk ranking 10 besar loh! Tapi setelah itu sisanya nilai gw modal ngepas aja dan waktu UAN pun, gw jadi salah 1 anak yg  hampir ga lulus UAN gara2 geo gw nilainya mepet. Pas SMA yah udah pasti ya gw IPS secara tampang and aura gw juga ga ada bau ruangan lab sama sekali. Even masuk IPS pun, akun gw juga jeblok banget. Pokoknya kalo ga dapet 0 (ga nyontek) atau 100 (nyontek). Gw rasa si Amos mau tembak kepala gw di tempat saat itu juga.

Nasib gw di Perth juga begitu. CPS gw di Tuart College ngepas.. At least you've to get 50 and I got 50,6. Finally pas bulan december gw merenung. Ehmm napa ya kayaknya gw ga pernah ada gebrakan baru gitu di dalam sejarah pendidikan gw. Mau cerita apa gw sama cucu gw pas gw jadi nenek2 nanti? Masa gw mau ngomong, "Iya dulu tuh oma pas SMA suka kutek-an bareng sama temen2 geng oma and pernah hampir digampar Kepsek oma gara2 ketawan main tetris di hape pas pelajaran mat." HMM.. 
Di Perth pun gw agak minder. Entah temen2 di gereja or college gw pasti jurusannya yg bergengsi gitu dah (apa coba bergengsi? LOL), mereka juga kuliah rata2 di Curtin or UWA, pokoknya semua serba bergengsiiii! 
Di tengah perenungan akan history pendidikan gw, gw tiba2 keingetan sama muka orang2 yg seakan-akan ga percaya kalo gw ambil jurusan pastry chef di TAFE, apalagi kalo ngomongin ini ke temen2 bonyok gw. Pasti selalu begini conversation nya..

Orang2 keji : "Kamu ambil apa di Perth?"
Acing : "Oh, aku ambil pastry chef, om/tante."
Orang2 keji : "Ha? Itu apa ya?"
Acing : "Ehm itu tante, yg masak2 itu looh.. Saya belajar masak kue2 gitu di Perth."
dan pasti selalu berujung pada obrolan..
"Oh sayang banget ya ambil itu, kenapa ga ambil accounting aja (mending bunuh saya, tante) atau ambil yg ilmu2 pasti gitu (pasti GILA)." dan ditutup dengan tampang meremehkan seakan-akan gw di Perth ambil jurusan paling hina di muka bumi ini.


HELLO. Iya nih om tante, saya ambil jurusan masak. SO WHAT?
Terus kalo saya lulus dari Perth, akhirnya jualan kue basah, emang napa napa napa? (maaf ini sudah mulai didramatisir)

This Feb, gw bakal mulai masuk kampus dan sebenernya... ehm gw emang sempet terpengaruh sama orang2 macam itu. Tapi, gw bersyukur banget punya bokap and temen2 bae yg bisa support gw dan akhirnya gw bisa mikir.. Ga usah peduli sama respon yg ga membangun kayagitu. Masa depan kita yah cuma kita yg tau, even kita di kuliahan cuma ambil musik kek, komunikasi kek, masak kek, atau apapun yg kelihatannya orang bisa pelajarin tanpa perlu kuliah. Temen bae gw si Amel, dia ini yg udah makan asem garam kekejian dunia pendidikan. Temen gw ini emang super terseok-seok nasibnya pas SMA. UAN juga hampir ga lulus, sama kayak gw dan jurusan kuliah yg dia ambil itu musik di UPH, yg orang pikir mau jadi apa nanti udah kelar kuliah? Masa mau jadi guru piano dari rumah ke rumah padahal udah kuliah mahal2 di UPH. Tapi gw salut sama temen bae plus bonyok nya yg punya pikiran beda and ga peduli sama omongan kayak gitu. Kalo emang ujung-ujungnya jadi guru les dari rumah ke rumah, so what? As long as she's happy with that job, it doesn't really matter. Life is not all about money and money.


I dont know yaa whether I'm too naive or not but I agree with quote from Confucius..
"Choose a job you love and you'll never have to work a day in your life."

Semoga blog ini bisa membantu adik-adik sekalian yg lagi mau pilih jurusan IPA or IPS. Tenang aja, ga masuk IPA ga bikin lu idiot seumur hidup kok, malah di IPS lu bisa jadi lebih G4UL and ngedapetin pengalaman2 G4UL lainnya deh! (LOH?) or buat adik-adik yg mau masuk kuliahan, lagi galau mau pilih apa and berasa cupu gara2 jurusan kuliahan yg dipilih bukan jurusan yg "bergengsi" itu tadi. 

If you listen too much to what people say about you, you will never be who you really are! 
dan 1 lagi.. kalo diri kita sendiri aja ga bisa percaya and ngehargain sama apa yg lagi kita jalanin, gimana orang lain bisa yakin and ngehargain kita? 

Yaudah, sekian celotehan gw malam ini.. 
Besok kita akan membahas topik yg lebih seru lagi loh, salam G4UL!




5 comments:

  1. hehe bener ko cink! gw setuju yg lu bilang.. tiap orang kan punya talent masing2.. like my bro is a chef and he's probably the richest out of our family hahah.. he even bought a house! Justru kalo jadi chef yg jago malah bisa lebih successfull compared to other jobs. Cos people will always need food, so restaurants will never die.. Unlike for example, pharmacy, yg kurang lahan kerjaan gara2 graduatenya kebanyakan.. Oh, and guru2 les juga bisa succesfull like my cousin :)

    ReplyDelete
  2. ohh, really? wow billy hebat juga yaa!:D anyway thanks for ur comment mon, bikin saya jadi lebih positive thinking loh :)

    ReplyDelete
  3. like this bgt chink. setuju sama smua kata2 lo dsni.

    ReplyDelete
  4. gendut..thank u ya udah puji aku,hahaha. tapi daku ingin meralat, daku kepsek loh wkt itu bukan wakil kepsek, hihihi, penting ga sih?well, anyway, so proud of u, and okay daku mengakui kalo daku ga segahol lo pada -nobody's perfect-

    ReplyDelete
  5. BUAHAHA yg diomongin akhirnya baca juga! :p iya ampun kepsek, maap salah tulis jabatan.. Lol. Iya sist thanks ya! Makanya lu kan uda dj jkt, bel gaul donk ama ricko! Huehhehe

    ReplyDelete