MENDUNG SORE

Thursday, December 25, 2014

Terima Kasih Supir Taksi

Pengalaman gue bareng sopir taksi itu bermacam-macam. Ada dari yang digodain, diajak tinggal nge-kos bareng, ada yang dicuekin karena dia sibuk telponan sampe ketemu sama supir taksi yang bijak dan bikin lupa sama macet yang bikin gue stuck berjam-jam.

Di postingan malam ini, gw mau share conversation bijak bareng supir taksi yang gak akan pernah gue lupain. Hope that experience gw bareng supir taksi bisa memberikan faedah di hari Natal yang syahdu.

Senin ini pas gw dan doi balik dari GI ke rumah, kita ketemu supir kece dari taksi Burung Biru. Jadi mungkin sebut saja nama supir nya... Buyung. Selama ngobrol, pak Buyung ini sopan, pinter dan bisa ngelucu juga sama kita. Dia cerita banyak hal tentang hidup dia and pengalaman seru nya selama jadi sopir taksi. Ada 2 hal yang paling interesting selama ngobrol ama pak supir. Pertama, tentang menjadi berkat dan kedua tentang kontribusi buat Indonesia. Okeh, obrolan kedua ini emang cukup muluk-muluk tapi apa yang diomongin si bapak kayak omongan dari sorga. 

Menjadi Berkat
Ternyata alesan pak Buyung jadi sopir taksi yang shift malem karena dia pengen liat dunia asli nya Jakarta kayak apa sih. Entah itu "dunia malam" kah, dunia gaib, atau dunia fantasi, si bapak merasa di saat malam hari itu dia punya kesempatan lebih banyak untuk nolong orang. Kalo buat ceritain jelasnya, mungkin lu orang bakal selesai baca cerita gw sampe tahun baru. Tapi intinya dia pernah nolongin bapak yang ditipu bisnis sama sahabat nya sendiri dan ngajakin si bapak Buyung muter gak jelas selama 3 jam. Juga pernah nolongin cewek yang hampir dimalingin motor nya pas tengah malem and dia juga pernah nolongin cewek yang mau kabur dari rumah karena habis digebukin suami nya. Dari situ dia jelasin bahwa pekerjaan apapun, asal itu udah dikasih sama Tuhan, jadikan itu sebagai tempat untuk pelayanan. Do your best. Urusan mau dapet rejeki nya gimana, itu urusan nanti.

Kontribusi di Indonesia
Ini cerita agak panjang jadi akan gw persingkat. Intinya si bapak tau kalo gw and doi sekolah di luar negeri dan rencana buat stay di luar karena lebih nyaman (dan dengan faktor lainnya). Abis itu dia akhirnya kasih kita masukan dengan sangat sopan tapi masuk akal dan gak maksa, bahwa kita lebih baik kontribusi untuk negara kita sendiri. Karena kalo semua orang yang dapet pendidikan lebih baik pada kabur keluar dan gak bantu negara, negara ya bakal begitu-begitu aja. Dan si bapak mengakhiri dengan kalimat,

"Tapi itu hanya masukan, boleh diterima atau gak tapi alangkah baiknya untuk kasih kontribusi langsung ke negara kita sendiri. Negara kita ini butuh orang kayak adek-adek ini."

Di penghujung tahun ini gue diingetin lagi sama Tuhan tentang hal yang simple, bermakna, tapi juga gampang dilupain, yaitu buat focus dan bersyukur sama talenta kita, apa yang udah Tuhan kasih dan do the best sama semuanya itu. Urusan duit, nanti itu urusan di atas yang ngatur.

Next year gw bakal lulus uni. Entah gw bakal kawin kah, entah bakal dapet kerja di Aussie atau di Indo, entah bakal jadi penulis naskah sinetron Indosiar atau editor koran Lampu Merah, gw bener-bener gak tau dan gw cuma bisa berencana. Dan dari semua kekhawatiran mikirin hidup gw bakal kayak apa after graduate, gw diingetin lagi sama Tuhan lewat si pak supir, kerjaan apapun, hidup kayak apapun, pokoknya disyukuri, do your best dan jangan lupa untuk selalu jadi berkat.

Bukan bermaksud untuk bilang duit itu gak penting, tapi at the end hidup gak cuma selalu bikin hidup kita doang yang nikmat dan semuanya tentang kemakmuran kita melulu. Sampe akhirnya mungkin kita lupa kalo kita hidup juga buat jadi berkat ke yang lain. Bukan juga gue bilang kita kerja mesti yang susah bangeeet atau terkesan terlalu idealis untuk jadi berkat, tapi alangkah baiknya kalo kita stop sebentar buat khawatir, buat ngeluh, dan lebih mikirin siapa yang kita bisa bantu sesuai kemampuan kita.

Gw percaya setiap orang pasti pernah bingung mereka sebenernya mau jadi apa selama hidup di muka bumi ini. Tapi gw percaya, masa-masa yang kaya gini selalu dipake Tuhan untuk ingetin kita bahwa the beautiful things in life start with simple yet meaningful things.

Ngobrol ama si pak Buyung gak bikin gw langsung tau tahun depan gw bakal end up di negara apa dan kerja dimana. Tapi ngobrol sama pak Buyung kayaknya cara Tuhan buat ingetin gw bahwa kerjaan sekecil apapun, even something yang mungkin orang ketawain atau dianggap terlalu muluk-muluk, kalo kita ngelakuinnya pake hati pasti Tuhan akan selalu kasih kita hati yang selalu bersyukur dan berkecukupan.

Karena rasa syukur dan cukup itu gak selalu muncul dari berapa banyak duit yang kita punya di bank account kita, tapi dari seberapa mampunya kita ngembangin karakter dan talents kita to create something meaningful. Ngerasa miskin juga gak selalu dari berapa banyak duit yang kita keluarin, tapi juga dari betapa kosongnya kita saat kita gak ngejalanin purpose hidup kita sesuai sama yang Tuhan mau dan gak bagiin berkat itu ke orang lain.

Merry Christmas.

2 comments:

  1. "Pekerjaan apapun, asal itu udah dikasih sama Tuhan, jadikan itu sebagai tempat untuk pelayanan. Do your best. Urusan mau dapet rejeki nya gimana, itu urusan nanti." WELL SAIDDDD SETUJU BANGET :D

    Anyway masih mending banget pengalaman di taxi diajak ngekos bareng daripada dihinggapin kecoa terus insecure sepanjang jalan dan ended up bunuh kecoa itu pake majalah sampe 1 badan gemeteran >> pengalaman pribadi yang bikin trauma. Hahaha

    ReplyDelete
  2. Thanks Chink for this :)) Merry Christmas and happy new year!

    ReplyDelete