MENDUNG SORE

Thursday, December 4, 2014

Selamat Datang ke Keluarga Bangka.

Halo, para pembaca! Apa kabar?

Anyway, basi banget gak sih dipanggil "para pembaca"? Enaknya yang nge-baca blog gue dapet panggilan apa yaa? (okeh, gak penting).

Di post subuh ini, gw bakal ceritain tentang tipikal orang tua Bangka berdasarkan pengalaman hidup gue. Semua karakteristik yang bakal gue sebutin gak semuanya kejadian di semua keluarga Bangka, jadi jangan tersinggung ya. Berhubung ini juga cuma blog dan bukan journal article, jadi mohon info random ini jangan ditelan mentah-mentah.

Seperti yang udah gue ceritain tentang kesialan yang menimpa gue, gw akhirnya decided untuk gak cerita hal ini ke bokap nyokap. Ada banyak faktor, tapi salah satunya karena gue ngerasa cerita ke mereka ujung-ujungnya bikin mereka makin khawatir dan hidup gue makin ruwet. Gw kemarin telponan sama cici gue dan even si ibu hamil bijak itu pun setuju, "Berdasarkan pengalaman hidup yang telah kita lewati bersamaan dengan tradisi anarkis Bangka, mending jangan cerita ke papa mama." Kurang lebih begitu kata sang cici bijak (gak sih, half sentence gue bikin lebay).

Seperti yang kita ketahui, Indonesia mempunyai beragam suku dan budaya. Orang tua gue sendiri dateng dari Bangka dan jadi perantau di Jakarta. Hidup mereka pas jadi perantau sangatlah sulit. Nyokap kabur jadi pembantu di Jakarta, sempet jualan martabak di Pasar Baru abis itu menang Putri Cantik Bangka tahun 1970 karena pintar memasak dan menabung. Bokap dateng ke Jakarta jadi pengrajin batik.

Selama dibesarkan di keluarga Bangka, gue dan sepupu-sepupu yang lain mengalami beberapa torture yang membentuk kita menjadi anak-anak Bangka yang lebih tegar and beresin our own shits. Berikut beberapa tradisi militer yang umum ala keluarga Bangka:

1. Positive words? MEH.
Pernah beberapa kali gue dan beberapa sepupu ceritain problems kita ke orang tua. Kadang mereka kasih advices yang sangat keren dan bijak, TAPI paling sering mereka bakal makin emphasise ketololan kita again and again. Tentunya di emphasise dengan bahasa Bangka yang cukup kasar dan dengan nada yang tinggi and annoying. Contoh yang paling sering kejadian kalo kita lagi sakit, bonyok bakal ngata-ngatain kita dulu sebelum kasih kita perawatan intensif. Kalo kita lagi cari barang, bonyok bakal nyumpahin kalo tuh barang pasti ilang dan emphasise ketololan kita instead of bantuin cari barang. Jadi gue udah kebayang, kalo sampe gue cerita tentang barang-barang gue yang ilang karena dimasukin orang, respon pertama mereka:

"KENAPA GAK KUNCI PINTU KAMARRR?! Status kamu ditukar! Mochi akan jadi anak kita dan kamu akan menjadi Mochi!" (FYI, Mochi itu anjing gue).

2. Tradisi Militer
Cerita di bagian ini lumayan anarkis dan gak semua keluarga Bangka mungkin mengalami ini. Cerita ini based on pengalaman gue, sepupu dan segelintir temen yang orang Bangka juga. Kalo anak-anak jaman sekarang cuma dipukul tangan nya pake penggaris aja langsung mau lapor ke Kak Seto, mungkin anak-anak itu belum sepenuhnya mengalami kepahitan dunia. Di rumah gue, Tjok bersaudara dan beberapa anak Bangka di sekitar gue pernah ditetesin lilin, mulut dicabein, dipecut ban pinggang, engko-engko gue pernah diiket di pohon jambu (tapi itu lucu banget kayak lagi disandera suku Dayak), dijeburin ke bak mandi berkali-kali, ditampar karena tulisan Jarlisku gue jelek, dibangunin buat sekolah pake setruman nyamuk (itu efektif banget sumpah. Efektik buat bikin gue shock and nge-blank sampe sore), di... apain lagi ya? Yak, para sepupu silahkan tambahin sendiri deh.


TAPI JANGAN SALAH... dari semua perlakuan militer yang bonyok gue lakuin, gue gak pernah benci mereka dan gue tau mereka sayang banget sama gue. Mereka sangat sangat bertanggung-jawab and ngajarin gue buat jadi orang yang jujur dan menjaga dignity dengan gak jadi penjilat. Gue, cici koko gue dan sepupu-sepupu selalu nganggep semua betnuk anarkis ini sebagai bahan becandaan kalo lagi family gathering. DAN sekesel apapun kita sama orang tua kita, kita tau kalo mereka always love us tapi dengan cara yang agak berbeda (beda banget kayaknya). Walaupun kadang kita bisa kesel, kita juga bisa ngerti kalo orang tua kita lahir di jaman susah banget and kurang edukasi. Dan mungkin juga pas masih kecil kita kayak anak iblis yang susah diatur, jadi ngamuk lah mereka.

Well, semua keluarga pasti ada ciri khas yang negatif and positif tapi daripada judge certain family itu educated atau gak, baik atau gak, gue lebih milih untuk bilang semua keluarga itu UNIK.

Dibalik semua sisi anarkis bonyok gue, banyak juga sisi positif dan sweet dari mereka. Bokap selalu beliin buah manggis dan the best kerupuk bangka setiap gue balik Indo. Mochi juga dirawat dengan baik demi gue :3 Bokap selalu do the best lewat BUANYYAAAK HAL - yang paling berasa yaah asupan duit lah ya :p Nyokap sangat care sama kita. Dipaksa makan buah and sayur tiap hari, ditanyain udah eek dua kali sehari apa belom (kalo belom, dipaksa makan buah terus disuruh eek. Serius). Nyokap juga rela belajar pake henpon biar bisa SMS-an sama gue pas gue kuliah di Perth (that's the sweetest thing ever).

BANYAAAK banget sweet things dari bonyok yang mereka kasih ke gw dan gak bisa disebutiin satu-satu. Gue yakin seberapa absurd dan anarkis nya setiap keluarga, pasti orang tua kita do it karena mereka sayang kita dan gak mau kita ngulangin the same stupid mistakes.

Sekian post hari ini. Semoga kalian terhibur dan harap maklum kalo lagi dateng ke rumah gue terus ngeliat bokap telanjang dada di rumah. Bokap sangat bangga dengan tato naga nya.

No comments:

Post a Comment