MENDUNG SORE

Tuesday, April 21, 2015

Selamat Hari Kartini


Ini foto ulang tahun gue yang ke-5. Dibalik kecupan bahagia ini, gw abis ngancem buat bunuh diri beberapa hari sebelumnya kalo ulang tahun gw gak dirayain.



Ini foto gw juga pas umur 5 di saat hari Kartini. Iya, muka gw emang agak minta dirajam batu karena gw ngambek gak dibolehin main ayunan. 
Dengan alasan? Gw pake konde, takut kondenya copot kata mama.


Dan ini muka bahagia gue 5 tahun lalu setelah maksa bokap nyokap untuk sekolahin gw keluar negeri. Beruntung gw end up di Perth, bukan di Zimbabwe (itu dimana sih?)


Pattern apa yang bisa anda lihat dari foto ini selain muka bahagia gw saat memaksa orang di sekitar gue?

Jawabannya: Gigih untuk mendapatkan apa yang mau kamu raih.

Gw make it sounds cool walaupun gigih sama tukang ngambek itu beda jauh. Just for the sake of hari Kartini, kita bikin jadi nyambung aja.

Tapi pesan singkat gw adalah... kadang tanpa sadar, kita sebagai wanita cenderung pasrah menyerahkan dreams and hopes kita ke tangan orang lain. Dan kita puas dengan something "good", kita gak coba untuk dapetin the "best".

Kalo gw puas dengan tawaran "good enough" dari bokap gw buat kuliah di tempet bergengsi di Indo dan diiming-imingi mobil baru, gw gak bakalan bisa dapet "the best experience" belajar mandiri di Perth, walaupun gw keujanan dan kena badai sampe payung gw berubah jadi mangkok buat air ujan.

Kadang sebagai cewek, kita suka nyerah karena mikir... Oh, well gw juga ujung-ujungnya bakalan end up ngurusin anak di rumah.

DON'T GET ME WRONG, gak ada yang salah buat jadi stay home mum - you're still doing a great job. Tapi keep in mind, dimana pun kita kerja - entah di kantor, di rumah, di goa sekali pun, never let your dreams die dengan mentality kita bakalan jadi passive karena harus ikutin suami dan anak. Walaupun kadang pas masa-masa assignments and exams gw pengen minta cowok gw nikahin sekarang juga biar bisa drop out dari uni, tapi gw selalu paksa diri gw mikir betapa beruntung nya kita, cewek, bisa mencicipi pendidikan.

Karena gak semua cewek in this world bisa melenggang bebas pake heels dengan cantik ke kampus untuk mendapatkan education. Sometimes, women in some parts of this world must take a risk to let the bullet coming through their heads (saya rekomendasikan untuk baca buku Malala)

Maybe some people can call you stubborn, a bitch, whatever annoying labels that they want to say. Tapi only you who know the best of your passion and life.

Selamat Hari Kartini. 


"Some women choose to follow men, and some women choose to follow their dreams. If you're wondering which way to go, remember that your career will never wake up and tell you that it doesn't love you anymore." - Marilyn Monroe.

No comments:

Post a Comment