MENDUNG SORE

Friday, April 17, 2015

Filosofi PMS


Para wanita pasti sangat familiar dengan istilah PMS (premenstrual syndrome).

Moment dimana tiba-tiba ada jerawat mendadak yang muncul di tempat tak terduga, contohnya di dalem lobang idung atau di ketek.
(Serius, gw pernah tiba-tiba ada jerawat di dalem lobang idung dan ngupil berasa kayak sakit pas melahirkan).

Moment dimana pelayan restoran mikir kita lagi hamil karena pesenan makanan yang berjibun dan moment dimana penjualan gula meningkat drastis karena cewek-cewek yang lagi mau mens pengen banget makan sweet stuffs. 

Moment dimana kita nangis for no freaking reason or over small stuffs, contohnya nangis pas liat pen kita jatoh ke kolong dan kita terlalu susah buat ambil. Lalu kita menyadari bahwa kita hidup di dunia dengan penuh perjuangan. 

Moment dimana kita cuma mau diem di kamar, kentut-kentut karena perut kita kembung banget, sambil ngobrol ama selimut atau makan indomie goreng. 
(Itu sih gue aja kali ya, mungkin?)

Moment dimana kita ngumpetin 1 kilo kerupuk kulit babi bangka di kolong meja buat persiapan napsu makan tak terkendali saat PMS. 

Dan buat yang pernah merasakan PMS, silahkan tambahin semua moment absurd yang jarang terjadi saat emosi anda normal dan bisa terkontrol. Buat yang gak pernah ngerasain PMS, mereka menganggap bahwa PMS hanya lah alasan belaka buat cewek jadi super bitch for once a month. 

Well, gue sendiri honestly gak bisa answer sebenernya PMS itu scientifically proven apa gak atau itu sebenernya cuma sugesti karena cewek pengen jadi bitch for once a month. All I can say is gue notice kalo gue jadi sosok paling emotional dan gua tau it's really weird karena gue gak biasanya kayagitu. But, sadly it's really hard to control it. 

Yang paling penting dan yang pengen gue bahas lebih dalam tentang PMS adalah... PMS dan relasi nya dengan love dan bedroom (tenang, ini bukan cerita dewasa). Kita sebut saja filosofi PMS biar lebih terdengar keren dan gaul.

Okay, orang yang pacaran pasti pernah denger, "I love you and I accept you just the way you are." Tapi menurut gue, it doesn't really mean anything unless partner kita ngeliat how crazy we are in our bedroom pas lagi PMS. That's the dilemma - antara diputusin sama pacar atau pura-pura jadi princess Syahrini yang anggun walaupun sebenernya pengen ngamuk-ngamuk.

Oh well, pikiran random tentang filosofi PMS ini bermula setiap gue melampiaskan aura PMS gw (by that means nangis, peperin ingus ke meja, ngancurin kertas-kertas putih yang tak berdosa, patahin pen, dan aktivitas seru lainnya untuk melepas emosi). Setelah pelampiasan, gw bisa dengan bebas ketawa dan mikir bahwa hidup ini indah. It's weird. Dan gw mikir, okay gw bisa do this kinda thing happily karena gw do it in my own bedroom - gak ada yang ngejudge gw kalo gw nangis sambil ketawa itu jelek banget.

But what if kalo gw married nanti? Dan nightmare dateng pas PMS, pas lu pengen melampiaskan emosi lu di kamar.......... sambil diliatin suami lu yang meringkuk ketakutan di pojok tembok sambil ngomong, "Mamaa, istighfar, ma! Jangan bunuh, papa!" 

Masalahnya gak mungkin kan melampiaskan emosi lu ke rumah tetangga terus ngancurin kaca mobil mereka atau coret tembok mereka pake darah mens? (okay, this goes too far and wrong). 

So, it comes to the point dimana... mestinya marriage vows harus ditambah dengan message...
"Aku bakal terima kamu apa ada nya - even saat kamu timpuk TV kamar kita pake pembalut wanita pas kamu PMS." 

To be honest, gw a kind of person yang gak gitu excited mendengar kata pernikahan. Awalnya gw mikir, oh mungkin karena gw takut berkomitmen. Tapi now - this PMS thingy bikin gw sadar bahwa one thing yang gw takut ilang pas nanti married adalah my bedroom dan my precious "me time". Tempat dimana gw bisa nangis dan ngerusakin barang pas gw PMS, dan sedetik kemudian gw ketawa dan lupa kenapa gw nangis.

Menurut gw PMS is more than a "women thingy". PMS itu stage in life, dimana kita bisa jadi so emotional and out of control, but heyyy we try to put it all together dan janji buat gak punch someone's face pas besok kita bangun pagi.

It's a stage when we try to accept who we are and understand that not everyone accepts the term "PMS" if we suddenly become so emotional. Dan menerima kenyataan bahwa kita sebenernya jelek banget kalo nangis sambil ketawa. 

PMS itu stage dimana kita mikirin tentang how we're gonna handle PMS pas kita harus share our bedroom with our life partner, forever. Dan gimana kita yakinin mereka bahwa mereka gak married sama monster dan PMS ini hanya berlangsung 3 hari.

PMS itu stage dimana kita bisa appreciate our "me time" di bedroom kita.  At the end, hal paling private yang kita lakuin in our bedroom itu shape who we are.  even crazy stuffs that we do during PMS.  

Dan PMS adalah stage saat kita accept the fact sometimes kita bisa jadi so silly and emotional - even nangis penuh haru pas liat video anjing yang baru ngelahirin. Menyadari bahwa mama anjing udah berjuang susah payah buat melahirkan generasi anjing baru yang siap menantang dunia.

I think PMS is a shit yet beautiful at the same time. And yes, I promise to handle my emotion and not punch people in their faces for no reason. 

Keep crying and accepting yourself during PMS, ladies!



No comments:

Post a Comment