MENDUNG SORE

Wednesday, July 25, 2018

Rumah Rusuh

Akhirnya anak kucing dan anjing gw tenang sejenak, menikmati zen kehidupan ini.

Sekarang waktunya gw menepati janji bagi para pembaca yg penasaran mengenai penghuni baru di rumah gw. Gw sebenernya mesti belanja nih beli daging, tapi gw lagi nunggu sepeda sewaan deket rumah muncul kembali. Jadi berhubung gw agak terburu2, gw akan cerita dengan format Q&A. 

Semoga kalian menikmati bacaan ini di kala macet (untuk jam Jakarta) atau menikmati liburan summer sambil leyeh2 di rumah (untuk jam Spanyol). 

Q: "Kok bisa sih kepikiran mau piara binatang?"
A: "Sebenernya udah pengen piara dari taun lalu, tapi saatnya tidak tepat. Akhirnya pas pindah ke Seville, kita dapet rumah yg ukurannya cukup buat piara binatang. Plus dapet ijin juga dari landlord nya. Yauda deh, akhirnya kita berkomitmen memelihara dua makhluk kucrut ini."

Q: "Ciee, latihan untuk punya momongan ya?"
A: "GUNDUL MU!"

Q: "Ih galak."
A: "Gw ngurus bayi kucing yg imut dan gak minta nenen ke gw 24 jam aja udah pengen gw banting rasanya. Gimane gw ngerawat bayi manusia? Bisa gw jual buat tiket keliling eropah."

Q: "Oke deh. Terus nama mereka siapa?"
A: "Yg anjing namanya Ahmad Dhani. Yg kucing namanya Mulan Jameela."

Q: "Akhh bisa aja. Udah ah jgn becandain aku. Seriusan namanya siapa?"
(sumpeh ini kok jadi monolog menggelikan beginiii)
A: "Yg anjing namanya Nicolino. Yg kucing namanya Magdaleno."

Q: "Hmm, nama yg cukup ajaib. Apa sejarah dibalik nama mereka?"
A: "Kalo nama si anjing ada unsur Itali nya gitu karena yg nemuin si anjing ini org Itali. Nah kalo nama si Magdaleno ada unsur agamis nya karena terinspirasi dari bunda Maria. 

Gak deh. 

Nama kucing nya kayak nama bunda Maria karena yg dulu tukang jagain si kucing namanya Magdalena. Berhubung nih kucing cowok, yauda ajah dinamain Magdaleno."

Q: "Mereka berantem gak?"
A: "Gak pernah sih, alhamdullilah. Cuma ya kejar2an aja gitu. Rumah udah kayak pasar Kosambi, rame ruwet banget. Sofa gw berantakan abis sekarang, kayak abis dipake buat tindakan asusila dua sejoli yg akhirnya bertemu setelah 10 tahun berpisah."

Q: "Gimana caranya bikin mereka gak berantem?"
A: "Pertama sih gw doa banyak2. Yg ini beneran. Gw percaya dengan kekuatan doa karena dari dulu gw mau adopsi binatang juga selalu doa biar Tuhan pilihin binatang yg sesuai sama kemampuan kita ngerawat mereka. 

Cuma skg doa gw udah kayak emak2 post-partum: 

"Anjir, kenapa gw mau nambah adopsi kucing lagi sih... Apakah ini kekhilafan hamba semata? Tuhan tolong bikin anak kucingnya tobat, gak bangunin gw pagi2. Atau tolong bikin kucingnya udah langsung gede umur 10 tahun gituh biar gak demanding."

Selain berdoa, saya juga membaca banyak artikel hewan. Lalu bereksperimen dg berbagai cara, spend time sama kedua makhluk ini, coba observe body language mereka and so on. Terus juga ya pake insting dan mendegar wejangan suami."

Q: "Wah emang binatang punya personaliti kayak manusia ya?"
A: "Iya. Manusia kan ada yg kampret, ada juga yg gak. 

Binatang juga mirip kayak gitu. Kalo anjing gw sih bener2 sopan banget. Ada bandel nya dikit lah, contohnya kadang suka makan taik. Najis kan? Tapi over all dia sangat mudah diatur. 

Nah kalo kucing gw sih kayak titisan siluman. Maklum, dia juga kan baru umur 4 bulan. Jadi ya energi nya lagi membludak dan suka bertindak semaunya. 

Dia bisa tau loh momen2 kapan buat bikin kita marah, tapi marah nya dg dosis yg pas gitu... gak sampe marah yg akhirnya ngebuang dia ke tong sampah. Ini contohnya: 

Moment langsung sok imut selama 30 menit
Dia udah bisa merasakan aura mamak nya mau buang dia
akibat kelakuan dia di pagi hari yg selalu repotin mamak.

Muka sok lugu tapi nyolot tiap berbuat kesalahan 
Ini muka klasik si kucing kalo abis jatohin laptop suami, 
gak sengaja cakar gw sampe berdarah, and so on.

Q: "Kalo ribet, kenapa pengen pelihara kucing?"
A: "Nah itu juga pertanyaan gw sih. 

Jujur waktu minggu pertama adopsi dia tuh kek agak nyesel gitu. Karena gw gak nyangka kalo punya anak kucing tuh sangat menuntut. Kayaknya dulu pas gw piara kucing jalanan di komplek gak pernah seribet kucing yg sekarang......... 

Cuma ya awal mula gw adopsi karena pgn cari temen main buat si Nico. Dan dia juga emang cute2 cerdik gitu sih. Cuma gw gak tau dia secerdik ini. Contohnya adalah:

Sebelum gw adopsi, nih kucing dirawat di rumah seseorang yg emang rela jagain kucing2 yg tak berdaya sampai mereka akhirnya sehat dan siap untuk diadopsi. So, gw dan suami datang lah mengunjungi dia seminggu sekali dan spent time kira2 sejam. Total kita ngunjungin dia 2x. 

Tiap kita main emang dia selalu takut dan butuh almost 30 menit sampe dia mulai trust dan main sama kita. Cuma pas kedua kali kita kunjungin, nih kucing bener2 lamaaaaaa banget mau main sama kita. Muka si Albert juga kek yg udah males pgn nampol nih kucing. 

Alhasil gw bilang lah ke Albert, "Kalo kayak gini mah kita gak adopsi si Leno juga gak apa."

Abis masa punya kucing cuma buat numpang tidur, makan sama eek doang di rumah? Itu mah namanya istri/suami simpenan dong.

Kan mau juga punya kucing yg bisa diajak bersahabat dan berbagi hidup bareng sama kita. Tapi kalo misalnya kita mau adopsi, mesti mikirin tanggal yg tepat soalnya bulan Agustus kita liburan 2 minggu. Belom lagi kudu adaptasi sama anjing kita, etc. 

EHHHHH believe it or not, nih kucing kampret yg daritadi nya gak mau main sama kita, langsung tiba2 lompat ke paha Albert terus diem, penuh sopan santun, dan menjaga martabat kekucingan nya. Terus pas Albert sayang, dia langsung mau dan sok manja gitu. 

Geli kan? Hahahha kek tau gitu dia lagi dalam pertimbangan mau diadopsi apa gak. Akhirnya gw bilang, "Anjir, yauda kalo gini mah kita adopsi dah."

EH gak lama gw ngomong gitu, si Leno langsung udahan acting dan berubah menjadi kampret lagi. Huahaa. Capek dah. 

Setelah momen itu, si orang yg jagain Leno nyaranin kita buat ambil dia within seminggu (which is mid July). Karena semakin lama si kucing di rumah itu, semakin susah kucingnya adaptasi ke rumah orang lain.

Yauda deh, seminggu setelah adopsi si Nico, kita adopsi kucing."

Q: "Wow, totalitas sekali. Kalo cerita bisa adopsi anjing gimana?"
A: "Yg ini agak sweet sih. 

Jadi pas kita decided buat adopsi dan direkomendasi ke salah satu organisasi binatang, datang lah kita ke festival anjing buat ketemu sama anjing2 pilihan kita. Nah, gw sama Albert punya 3 seleksi: pilihan gw, pilihan Albert, terus pilihan cap cip cup. 

Yg terakhir ini gw pilih berdasarkan deskripsi anjing yg jarang dilihat menarik buat diadopsi. Yaude gw pikir kan kesian yeh, jadi kita kasih saja second opportunity. Kali aja kan kita sukak. 

Dan anjing itu pun bernama Nicolino. 

Singkat cerita pas kita nyampe ke festival anjing, si Nico langsung nendang kandidat lain dan manja2 ke Albert terus. Langsung connect gitu seperti ayah dan anak. Mantep yak?

Yaudah deh sejak itu Albert jatuh cinta. Gw sih mau adopsi Nico awalnya karena mau berbuat baik juga ke anjingnya. Plus, Albert juga udah cinta mati sama dia. 

Dan ternyata pas kita adopsi, gila cuy nih anjing kayak titisan surga. Baik, sopan, respectful. Cuma kurang nya ya kadang makan taik anjing lain aje. Sama agak kurang paham kalo gw ajarin trik. Maklum lah, anjing udah 2 taun kan ya. 

Padahal mah kalo ngerti trik macem2 kan lumayan bisa gw suruh dia nyapu, ngepel sama jemurin baju."

Q: "Kalo gitu si Mochi gimana dong? Masih sayang gak sama dia?"
A: "Masih lahhhh. Dan Mochi juga masih hidup. 

Sekarang dia tinggal di kebun bokap gw yg di Jonggol. Jauh lebih bahagia daripada jadi anjing komplek yg gak bisa lari kesana kemari. Sekarang Mochi banyak temen2, contohnya 2 kucing gendut, 2 anak anjing beserta ibu nya, dan kadang main sama kelinci juga. 

Awalnya gw ngerasa kayak mengkhianati Mochi sih... Cuma gw pikir yah jangan terlalu dilebih2kan seperti itu. Toh gw jamin anjing gak mungkin mikir selebay itu. Mereka will always be grateful pernah ada di hidup kita. Sama seperti gw juga selalu grateful punya Mochi dan anjing2 sebelumnya di kehidupan gw. 

Itulah roda kehidupan, kawan."

Definisi bahagia

Q: "Apakah perubahan dalam hidupmu sejak kemunculan makhluk2 ini?"
A: "Gak bisa bangun terlalu siang kalo suami gw lagi kerja di luar kota. Terus gw juga jadi sering jalan (mau gak mau) padahal disini lagi panas beutttt, summer kan cuy. Terus gw juga kalo mau pergi, harus cocokin sama jam jalan anjing gw. 

Serius deh, gw tau apa yg gw lakukan ini gak sebanding sama full time mum yg mendedikasikan hidupnya sama bayi manusia.

Tapi gw aja yg cuma punya 2 binatang udah capek bangun pagi mulu. Ini padahal mereka gak minta nenen, gak minta dimasakin macem2, gak nangis berontak di mall, gak  throw tantrum kek tai, dan gak bales ngejawab kalo gw omelin.

Kebayang gak buat ibu2 yg rela mendedikasikan diri nya buat membesarkan sesosok manusia?

Yg udah gede nya aja gak tau bakalan berguna bagi bangsa apa gak, bakal hamilin anak orang apa gak, dsb. Salut untuk ibu2 yg sedang berjuang merawat anaknya dan berusaha sabar untuk gak banting anaknya. 

Terima kasih ibuku yg sudah membesarkan aku sampai aku sebesar ini dan tidak melempar aku ke tembok."

Q: "Pelajaran apa yg kamu dapat dari binatang2 ini?"
A: "Banyak sih. 

Yg pertama ya belajar untuk mengontrol diri dan tegas. Binatang itu denger omongan kita karena baca energi, body language dan ketegasan dari suara kita. Kalo kita ngomong sambil teriak dan bentak2, tapi kita nya gak tegas, gak tegaan dan gak disiplin, yah ujung2nya binatang lu bakalan jadi asshole. Bakalan kayak anak2 tajir manja yg cuma berharap semua orang harus ikutin mau nya dia apa.

Kedua, belajar menghargai dan membagi waktu. Kalo gw tidak bisa mengatur waktu dg baik, kucing gw udah nangis non-stop karena gak dikasih makan dan kasih sayang tepat pada waktunya. Plus anjing gw pasti udah bakal berak or kencing dimana2 kalo gw terlalu telat ajak dia jalan."

Menghargai waktu
Dulu gw bisa eek dengan tenang sambil meditasi
Sekarang eek mesti buka pintu buat jaga anaq2
Lalu mereka juga kejar2an di WC sambil nongkrongin gw eek

Terakhir, belajar appreciate small things. Binatang selalu bisa teach kita ttg banyak hal: unconditional love, silliness, observing body language, being mindful, dan salah satunya ya buat live in the now. 

Contohnya binatang2 gw tau kalo mereka dicuekin. Kalo gw sibuk main hape pas kucing/anjing gw juga ngajak main, anjing gw bakal toel2 badan gw buat cari perhatian.

Nah kalo kucing gw sih cara minta perhatiannya agak brutal macam lagu yg dinyanyikan Ikang Fawzi: "Pak cik pak pak preman preman... hueeeeee yooow!!! Pak cik pak pak metropolitan... hueeeeee yooow!!!"

Ini link youtube buat lagu nya. 

Ini Ikang Fawzi
Cieee, otot nyah... Berminyak kayak gorengan cireng

ANYWAY... iyaah, kucing gw tuh kalo dicuekin bakal lompat ke punggung lu sambil kuarin cakarnya dikit. Sialan emang. Tapi intinya dia mau lu pay full attention. 

Nah kita sebagai manusia sering bgt kan judulnya mau pergi makan bareng sama temen/keluarga, tapi ujung2nya main hape (gw juga salah satu org2 kampret yg demen main hape) dan tidak live in the now.

Sebelum temen/keluarga lu lompat ke belakang punggung terus cakar muka lu to ask your full attention, ada baiknya kita bertaubat dan sadar diri.

Beautiful things happen when you pay attention to small things in your daily life."

Q: "Apa saran mu bagi orang2 yg berencana pelihara binatang?"
A: "Pertama, camkan di otak anda bahwa memelihara binatang itu bukan cuma sekedar mereka imut doang pas masih kecil, terus udah gedenya kalian buang. Binatang itu makhluk hidup yg butuh your full care and commitment (money and time) sampai mereka meninggalkan dunia ini. 

Plus, kalo bisa juga cari binatang dari tempat adopsi dan jangan beli dari pet shop. Banyak banget binatang yg terlantar di bumi ini dan binatang2 itu banyak yg disuntik mati kalo akhirnya udah kelamaan gak di adopsi di tempat penampungan. 

Kelihatannya emang nothing sih untuk adopsi satu atau dua binatang dari sekian juta binatang yg terlantar di bumi ini. Tapi for them, what you do means everything :')

Kedua, edukasi lah diri anda. Dan investasi waktu buat observe tingkah laku, personaliti, dan body language binatang lu. Binatang yg biasanya gak bisa dibilangin itu bukan karena mereka tolol. Tapi karena pemilik nya yg gak becus ngedidik binatang nya. Intinya binatang itu adalah refleksi cara didikan anda kepada binatang tersebut. 

Ketiga, seperti yg sudah gw bilang di atas... pelihara binatang itu experience yg bisa ngajarin kita ttg hidup. Jadi kalo akhirnya kalian mau pelihara binatang, coba mikir juga apa dampak nya ke hidup lu. What is it telling you about your personality? Ttg cara ngedidik/ngerawat antara lu sama pasangan lu? And so on. 

Piara binatang emang gak bisa disamain sama piara bayi manusia. 

Tapi kebayang gak kalo baru miara binatang aja misalnya lu udah ribut cekcok gak jelas sama pasangan lu? Misalnya lu ribut sama pasangan cuma karena lu mau ajarin anjing lu bisa masak, tapi pasangan lu mau anjingnya bisa berhitung aljabar dan mengkalkulasi keuangan rumah tangga? 

Intinya hal2 kecil kayak gitu bisa dan pasti terjadi

Konyol kan kalo misalnya lu decided punya anak cuma karena capek dengerin pertanyaan orang2 yg pressure lu punya momongan? Padahal mah lu nya sama pasangan pengennya punya anak siluman, atau mungkin belom siap secara money, batin, dsb.

Nah sama konyol nya kalo lu punya binatang cuma karena ngeliat org2 di sekitar lu juga piara binatang, keliatannya lucuk, bisa jagain rumah (bayar satpam aja ngapah), and so on. 

Intinya, udah banyak manusia dan binatang yg ditelantarkan yg akhirnya merugikan makhluk bumi lainnya. So, jangan jadi manusia yg cuma bisa nambah jumlah populasi manusia/binatang di dunia ini secara tidak bertanggung jawab."

Q: "Wow, kamu bijak sekali. Pasti banyak deh yg mau jadi sahabat mu."
A: "Oke, terima kasih."

Menikmati zen kehidupan siang ini

No comments:

Post a Comment