MENDUNG SORE

Saturday, November 19, 2016

Komentar Tidak Etis

WARNING: 
Postingan berikut ini mengandung beberapa kalimat yang cukup sensitif dan vulgar. Jadi kalo kalian sulit untuk menelaah makna lebih dibalik postingan vulgar ini, mohon cari postingan yang lebih menghibur. 

Tanggal 29 November 2016... hari dimana gw akan menginjakkan kaki ke tanah air Indonesah untuk kesekian kali nya. Kali ini untuk urusan yang genting, yaitu untuk urusin resepsi pernikahan saya dan si doi pada tanggal 10 Desember. Kalo kalian gak dapet undangan nya, itu artinya kita gak deket-deket amat atau kita selama ini berteman tapi hanya basa basi. Jadi mohon dipahami.

Ngomongin soal resepsi nikah, pada umumnya pasti sang calon pengantin bakal merawat tubuh, ngurusin badan, putihin kulit, operasi muka, pergi ke Mars, dll. Sayangnya yang terjadi sama gw adalah kebalikannya. Gw menggendut, menghitam dan gak ada biaya buat operasi muka.

Bridesmaids gw juga menarik. Bentuk tubuh bridesmaids gw ada yang dari skala imut sampe bombastis. Pastinya beda banget sama tipikal bridesmaids imut macam girl band Korea yang sering kita lihat di Instagram. Jangan lupa foto nya dibubuhi dengan ratusan hashtags #girl #pretty #famous #rich #BFFinheavenandhell

Karena badan bridesmaids gw yang beragam, alhasil kita lumayan repot buat cari baju bridesmaids. Salah satu bridesmaids gw sempet meragukan role nya karena perkara badan nya - "biasa" nya bridesmaids kan badannya imut, "biasa" nya kan pengantin cari bridesmaids yang putih dan langsing biar bagus pas di foto. Dan banyak banget hal yang selama ini mungkin kita anggep normal dan rasanya "aneh" kalo gak diikutin.

Banyak lagi hal "BIASA" yang lainnya di luar dari perkara nikah: "Biasanya umur 20an udah married kan? Punya mobil kan? Punya anak kan?"  Dan... silahkan tambahin pertanyaan dan asumsi tolol lainnya sesuai selera anda.

Untuk semua orang yang udah muak sama sentimen berikut, tenang... anda tidak sendirian. Jujur komentar yang dianggap "gak penting" ini sering banget dilontarkan banyak orang kepo yang kehabisan topik pembicaraan.

Komentar macam ini pun sering banget bikin gw jadi males balik Indo. Karena masih banyak orang yang cuma ngelihat cewek cuma dari bentuk fisik sama berapa banyak keturunan yang bisa dia hasilkan.

Gw udah terlalu sering lihat nyokap-nyokap yang males keluar rumah pasca lahiran karena komentar yang sering dilontarin ke para ibu dari orang-orang yang gak ada otak nya, "Kamu kok gendut banget ya?"  Seakan-akan dengan kasih komentar itu bikin yang nanya jadi makin cakep.

Orang-orang yang gak ada otak ini mungkin lupa kalo sang ibu mengandung seonggok manusia dan bukan mengandung seekor kucing.

Menurut gw perkara komentar gak etis macam ini bukan hal yang kecil. Gak semua orang bisa sembarangan tanya dan komentar hal personal tentang seseorang seenak jidat. Kalo misalnya semua orang bisa ngomong semaunya, gw bisa aja dong kasih komentar...

"Tante mukanya keriputan. Jarang dikasih "jatah" ya sama suami? Biasa seminggu nge-seks berapa kali sih?"

Terlalu kurang ajar ya?

Iya memang.

Dan menurut gw komentar kaya gitu sama aja kayak orang yang komentarin badan ibu-ibu yang baru ngelahirin, komentarin badan bridesmaids yang gak "imut", komentarin badan pengantin kurang ini dan kurang itu, interogasi orang kenapa belom punya anak, dan ratusan komentar kurang ajar lainnya.

Gw gak tau bakal denger komentar macam apa nanti nya menjelang resepsi. Bisa jadi bagus, bisa juga yang aneh bin ajaib.

Yang pasti kalo ada orang yang melontarkan pertanyaan umum seperti: "Kapan punya anak? Loh gendutan ya? Kok iteman?"  Gw sudah menyiapkan respon yang tidak akan pernah terlupakan, sekaligus bikin orang yang nanya belajar buat menyeimbangkan kecepatan otak dan lidah sebelum berbicara.

Untuk menutupi postingan berikut, gw cuma berharap postingan ini bikin kita semua mikir sebelum nanya atau kasih komentar ke orang lain. Gw gak bilang gw "perfectly" jaga mulut gw dan berhati suci seperti malaikat. Iya, gw judge orang. Gw kadang suka komentar gak pake otak. Tapi gw selalu usaha untuk intropeksi dan do better next time.

Untuk para pembaca yang sedang atau sering dilontarkan komentar-komentar yang tidak etis, tolong pakai situasi ini sebagai kesempatan buat jadi lebih kreatif dan berguna - kreatif dalam merespon lewat humor dan ironi, sekaligus berguna juga buat jadi pembelajaran untuk orang yang nanya.

Yang lebih penting, pakai kesempatan ini buat belajar nerima diri kita apa adanya.

Harga dirimu tidak bergantung dari orang-orang yang sulit menyeimbangkan kecepatan otak dan lidah mereka sebelum berbicara. 

Terakhir, berikut foto di bawah ini sebagai hadiah buat orang yang berkali-kali mikir gw hamil padahal gw cuma gendutan:


Hamil si lemak sejak 2010. Puas?








No comments:

Post a Comment