MENDUNG SORE

Thursday, October 20, 2016

Perjalanan Serantang Brokoli dan Bakso

Hari ini gw memulai hari seperti berikut:
  • Ngambek-ngambek imut karena benci bangun pagi
  • Sarapan, boker, buka jendela, main hape
  • Cipika cipiki sama suami sebelum dia berangkat kerja, dan 
  • Siapin materi buat interview orang siang ini. 

Berhubung siang ini gw emang bakalan diluar rumah, jadi gw berinisiatif untuk bawa makanan dari rumah biar lebih sehat dan hemat. Tapi sebenernya gw males juga bawa makanan dari rumah karena harus buru-buru masak dan pasti makanannya udah dingin pas siang.

Setelah bolak-balik kayak setrikaan dan memetik kelopak bunga diluar taman sambil bertanya masak atau gak, masak atau gak, akhirnya gw mengikuti hati kecil ini untuk masak buat lunch.

Gw masaklah brokoli rebus, saos tomat ala-ala Itali dan bakso. Bukan bakso abang-abang yang dicampur sama daging tikus. Ini bakso versi bule yang kaya akan gizi.

Makanan pun siap dimasukin ke rantang, taro sendok dan tisu ke glad wrap dan semuanya siap dimasukin ke paper bag dengan branded keren. Kan gaya gitu pake paper bag dari merk Lui Pitong tapi dalemnya rantang makanan.

Akhirnya, pergilah gw dari rumah pagi ini buat ketemuan sama physio karena lower back gw yang super ngilu. Selesai dipijet dan di-strap kayak kardus fragile, gw pun mengisi waktu yang agak kosong sebelum interview orang dengan....... pergi ke op-shop dan ke bank buat urus credit card.

Setidaknya dengan ke bank gw lebih terlihat seperti wanita dewasa yang bertanggung jawab.

Pas gw sampe di depan op-shop, di depan toko nya ada orang homeless lagi minta duit. Berhubung gw emang ada spare $5 di dompet, gw taro lah $5 itu ke dia. Tapi pas gw liat kaleng rencengan nya, di kaleng itu cuma ada koin beberapa sen.

Setelah hampir setengah jam gw menghabiskan waktu di op-shop (dapet barang bagus loh!) dan ke bank, pikiran gw gak bisa lepas dari homeless yang tadi gw liat. Yang ada di otak gw cuma, "Tuh orang bakal makan siang pake apaan yah dengan duit segitu?" 

Dan tiba-tiba dalem hati gw ngomong, "Cing, kasih lunch lu ke dia."

Akhirnya pas keluar dari bank, gw nyamperin tuh orang lagi dan terjadilah conversation ini:

Gue: "Hey, have you got any lunch for today?"
Dia: "No."
Gue: "Well, I made my lunch this morning but you can have it if you want. I can find my lunch somewhere."

Dan demikianlah perjalanan serantang brokoli dan bakso yang gw masak tadi pagi.

Walaupun sekarang gw takut tuh homeless bule mencret karena gw taro banyak cabe di saos nya, tapi gw percaya makanan itu jatuh di orang yang tepat.

Cerita ini bukan soal sedekah. Dan terlebih lagi bukan soal kelihatan baik di depan orang lain.

Tapi ini soal percaya bahwa Tuhan bisa pake kita buat jadi berkat every single day di tengah hidup yang berasa kayak rutinitas doang.

Percaya bahwa hal yang menurut kita kecil dan gak penting ternyata bisa jadi berharga di mata orang lain.

Percaya bahwa Tuhan selalu bisa nunjukin eksistensi nya lewat hal yang random, yang kadang bikin kita bingung, gak percaya, merinding - tapi juga bahagia.

Dan sekonyol apapun... percaya lah terus sama suara Tuhan - even itu cuma untuk suruh kita bikin makanan buat bawa bekal.

Siang ini akhirnya gw ngebut mencari sushi cepat saji. Perut gw masih lapar. Pinggang gw masih sakit.

Tapi hari gw bener-bener "penuh" karena senyuman homeless itu.

No comments:

Post a Comment